Kamis, 28 Desember 2017

Cara Instal XAMPP Di Windows

Hendak membuat website tetapi belum mempunyai domain dan hosting sendiri, tak usah khawatir. Masih ada cara lain.

Apa itu?

Ya, kita tetap dapat menciptakan website di PC komputer / laptop, dengan menjadikan PC kita seakan-akan seperti server hosting.

Langkah ini pun sering digunakan oleh  pengembang web yang telah mahir sekalipun, untuk membuat website di komputer kerja mereka, sebelum hasil kerjanya diupload  ke server hosting.

Bagaimana caranya?

Caranya yaitu dengan menginstall aplikasi web server localhost serta aplikasi database MySQLserver di PC.

Untungnya ada banyak software yang membundle ketiga program ini, salah satunya ialah XAMPP.

XAMPP dapat dijalankan pada Mac dan Linux. Dalam tutorial ini kami akan membahas pada Windows

Cara Instal XAMPP Di Windows

1.Download software XAMPP terbaru, klik disini.
2. Dobel klik file XAMPP yang baru saja kita download, nanti selanjutnya akan tampil jendela “installer language”.
3. Selanjutnya pilih bahasa. Pilih yang Bahasa Inggris (English). Klik OK. Kadang pada proses ini hadir pesan error. Jika ada, abaikan saja dan lanjutkan dengan klik OK dan YES.
4. Berikutnya akan hadir jendela yang isinya meminta Anda menutup semua software yang sedang berjalan. Jika semua software sudah ditutup, maka klik tombol Next.
5.Selanjutnya Anda akan diminta  memilih software yang ingin diinstal. Centang saja seluruh pilihan dan klik tombol Next.
6. Kemudian Anda bakal akan diminta memilih lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Secara default akan diarahkan ke lokasi c:\xampp. Namun apabila Anda hendak menyimpannya di folder lain silahkan klik browse dan tentukan secara manual folder yang hendak digunakan. Jika telah selesai, lanjutkan dan klik tombol Install.
7. Tunggu beberapa menit sampai proses intalasi selesai. Jika sudah hadir jendela seperti di bawah ini, klik tombol Finish guna menyelesaikannya.
8. Berikutnya, akan hadir jendela dialog seperti gambar  ini yang menanyakan kita apakah ingin langsung menjalankan software XAMPP atau tidak. Jika ya, maka klik YES.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar